top of page

Apa Itu Dogma (Kelas X pertemuan 1)

Updated: Jul 29, 2020



1. Materi pokok

Ø Apa Itu Dogma

Dogma (dari bahasa yunani, bentuk jamak dalam bahasa yunani dan bahasa inggris kadang kala dogmata ) adalah kepercayaan atau doktrin yang di pegang oleh sebuah agama atau organisasi yang sejenis untuk bisa lebih otoritatif. Bukti , analiisis, atau fakta mungkin di gunakan, mungkin tidak, tergantung penggunaan.

Dogma juga yang di artikan sebagai pokok ajaran (kepercayaan) yang harus di terima seg

bagi hal yang benar dan baik, tidak boleh di bantah dan diragukan. Dan juga Dogma merupakan keyakinan tertentu. Kata Dogma berasal dari kata dasar DOKEO, yang artinya Pendapat, Opini (terutama “pendapat” dari para Filsuf). Nah filsuf pada Zaman yunani kuno sering di pandang sebagi hasil pemikiran yang bijaksana, maka kemudian pedoman/ketetapan/ aturan dalam suatu tatanan kehidupan bermasyarakat.

Dalam masyarakat yunani kuno, seorang sarjana dari sekolah filsafat, pendapat sering di kutip sebagai kebenaran otortatif, juga bagi filsuf yang terkenal dan menjadi guru besar, pendapat-pendapat mereka di anggap berdaulat dan dikenakan sebagai hukum atas masyarakat setempat : sebagia “keputusan” atau “ketetapan” dari otoritas sipil.

Dogma adalah kesimpulsn otortatif yang di harapkan mengikat kalangan tertentu. Keputusan public, ketetapan dari pemerintah aturan-aturan dan ketentuan dari hukum musa yang berisi sanksi tertentu, bahkan keputusan para rasul dalam hubungannya dengan kehidupan yang layak pun disebut ‘Dogma’. Alkitab LAI menerjemahkan dengan’ perintah’ (Lukas 2:1), “keputusan” (Kisah Para Rasul 16:4), “Ketetapan”(kisah para Rasul 17:7), “ketentuan” (efesus 2:15, kolose 2:14).

Mengimani bahwa Alkitab- baik perjanjian lama maupun perjanjian baru telah di pahami oleh Allah dan merupakan penyataan Allah kepada manusia., merupakan salah satu doktrin dalam “agama” Kristen, namun tidak semua kalangan Kristen menganut doktrin ini. Ada kalangan terutama kalangan liberal yang justru memperslahkan Alkitab.

Doktrin dalam agama Kristen ada banyak sekali. Doktrin suatu denominasi atau aliran jumlah tepatnya tidak di ketahui, karena belum ada yang menghitungnya. Ada doktrin tentang Tuhan Allah, tentang manusia, tentang keselamatan, tentang penebusan, tentang sakramen, tentang gereja, tentang malaikat, tentang Akhir zaman, tentang Roh kudus dan masih banyak lagi.


Tugas: Catat Hal-hal penting yang ada pada materi di atas
280 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page