top of page

Apa Itu Misiologi (MATERI PERTEMUAN ( I )



Apa Itu Misiologi

Sebagai umat Allah kita diberikan tugas dan tanggungjawab dalam menyebarkan berita keselamatan kepada orang-orang baik yang sudah mengenal Allah maupun yang belum. Jadi gereja diutus Allah ke dunia agar dapat menerangi setiap aspek kehidupan manusia berdasarkan firman Allah yang tertulis di dalam Alkitab. Meskipun demikian arti dari misi dan pekabaraninjil masih kabur, maka daripada itu berikut akan dijelaskan apa itu misiologi.

1. Pengertian Misiologi

Dalam KBBI misi merupakan istilah yang penting dalam lingkungan gereja, sebab ada hubungannya dengan urusan, pekerjaan, penyiaran agama yang kaitannya dengan pengutusan para missioner ke luar. Istilah“misiologi” berasal dari dua kata dalam bahasa Latin yaitu missio yang berarti “mengutus” dan logos yang berarti “ilmu, firman, studi”. Jadi misiologi adalah ilmu tentang misi atau studii yang mempelajari pengiriman, pengutusan, atau ekspansi yang dilakukan oleh gereja. Sehubung dengan kata ini dalam bahasa Yunani yaitu apostelloyang berarti “mengirim dengan otoritas” (penekanan penting dari “misi atau pengutusan Allah”).

Istilah lain juga digunakan untuk menjelaskan tentang misi ialah apostolate yang artinya “kesaksian”, dengan tugas didakhe (mengajar) dan kerygma (pemberitaan) tentang Yesus Kristus. Jadi misi adalah hakikat dari kekristenan. Karena kekristenan adalah Kristus. Dia telah memulai dan hendak menegakkan kerajaanNya. Karena itu kekristenan bukan saja memegang mandate menjadi saksi. Tetapi kekristenan itu sendiri adalah saksi. Saksi tentang apa yang telah dinyatakan Allah kepada dunia, yaitu Penyelamatan manusia yang telah jatuh.

2. Etimologi Misi

Kata misi yang dipakai merujuk pada keseluruhan tugas atau misi alkitabiah dari gereja Yesus Kristus. Mission merupakan istilah yang mencakup pelayanan gereja ke dalam dan keluar. Gereja diutus seperti seorang yang melakukan perjalanan rohani, seorang saksi, seorang nabi dan seorang hamba, sebagai garam dan terang ke dalam dunia(Matius 5: 13-16). Allah mempunyai misi untuk memahami gereja sebagai agen misi secara etimologi dari bahasa : Latin misiosama dengan pengutusan. Menurut Arie deKuyper dalam bukunya Misiologi berasal dari kata bahasa latin 'missio' artinya utusan, bahasa Inggris, Jerman dan Prancis 'mission'. Dalam bahasa Belanda 'missie' dipergunakan dalam kalangan gereja Katholik, gereja Protestan umumnya memakai istilah 'zending'. Untuk menjelaskan istilah misi penggunaan bahasa Inggris memakai dua kata, yaitu "mission" dan "missions". Misi (mission) adalah misi Allah (mission Dei) sedangkan misi (missions) adalah tugas dari misi Allah itu (yang dipercayakan Allah kepada umat-Nya).

Jadi misi adalah Keseluruhan Allah atas dunia dalam pengutusan-Nya yang diwujudkan dalam selfrevelationofgodyaitu penyataan diri Allah dalam melaksanakan rencana Allah yang kekal. Misi tidak terlepas dari Allah, karena misi berkaitan dengan Allah. Allah adalah Allah yang hidup, yang bertujuan, yang terlibat dalam sejarah dunia, dan Dia adalah Allah yang tidak berdiam diri di tempat karena Ia adalah Allah Misi.

Jadi dapat dikatakan bahwa Misiologi adalah Ilmu PekabaranInji yang mempunyai sankut paut dengan semua ilmu teologi(Arie deKuyper). Bertitik tolak dari hal ini. Maka secara jelas bahwa misiologi mempunyai dasar adalah Alkitab( Keluaran 19:5-6).

3. Hakekat Misi

Menurut D.W. Ellis, hakekat misi itu mencakup 3 hal yaitu:

1. Proklamasi

2. Kesaksian

3. Pelayanan

Ketiga Aspek ini tidak dapat di pisahkan satu sama lain, karena ini merupakan penyataan Kristus bagi dunia.

Hal yang hampir sama juga di ungkapkan oleh Ch. Abineno, yaitu:

1. Pemberitaan Firman

2. Persekutuan

3. Pelayanan.



Tugas

1. Jelaskan pengertian Misiologi menurut pendapat anda!

2. Jelaskan Etimologi Misiologi menurut Ari dekuyiper dalam buku misiologi yang di tulisnya!

3. Jelaskan 3 Hakekat Misi menurut D. W. Ellis dan C.H. Abineno!



5,808 views1 comment

Recent Posts

See All

1 Comment


bottom of page