top of page
Writer's picturesmtk kotakupang

Arti Periodisasi


1. Arti Periodisasi

Dalam perjalanan gereja dari waktu ke waktu selalu dipenuhi dengan bebagai pergumulan dan juga ada berbagai tantangan sehingga selalu di catat dan dipublikasikan dalam perjalanannya. Untuk kita harus tahu apa itu periodisasi? Periodisasi adalah pembagian zaman dan segalanya menurut periode waktu.

2. Periodisasi Dalam Periodisasi Sejarah Gereja.

Periodisasi sejarah gereja sudah berlangsung sejak jemaat pertama didirikan yaitu hampir 20 abad lamanya karena itu periodisasi harus memenuhi dua syarat yaitu pertama setiap periode harus dibatasi dengan periode lain dengan tahun atau peristiwa tertentu dan hal kedua yakni setiap periode harus mempunyai corak-corak sendiri yang membedakan periode satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu bisa kita lihat periode sesuai dengan tahun-tahunnya dalam sejarah gereja.

a. Gereja kuno tahun 30-590

b. Gereja pada abad pertengahan 590-1492/1517.

c. Gereja pada zaman baru 1492/1517 sampai saat ini.

Periodisasi sejarah gereja dapat dilihat juga menurut Lukman Siedarse megatakan bahwa sejarah gereja diartikan pengetahuan atau uraian mengenai peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau. Lukma dalam karyanya mengatakan bahwa 12 gereja tertua yang mewarnai sejarah gereja seperti: gereja katedral Jakarta (gereja Santa Maria pelindung di angkat ke surga), gereja Sion Jakarta dan sebagainya.

3. Pendekatan Belajar Sejarah Gereja.

Ada beberapa pendekatan dalam periodisasi sejarah gereja yakni:

· Pendekatan Instruksional.

Pendekatan instruksional dalam sejarah gereja merupakan suatu pola pendidikan kristiani yang lebih menekankan pembelajaran kristiani. Yang perlu kita cermati dalam pendekatan ini adalah menghadapi dunia ini sebagai orang-orang Kristen. Hal ini mengharapkan naluri untuk berpikir, berefleksi terhadap isi Alkitab dalam terang pengalaman hidup dan memilih suatu cara hidup di dunia ini sebagai respon terhadap panggilan Allah.

· Pendekatan Perkembangan

Pendekatan ini lebih menekankan kepada pembentukan spiritualitas dan pembentukan iman individu untuk mewujudkannya dalam pelayanan sosial. Tujuan pendekatan ini ialah untuk membantu orang-orang mengembangkan kehidupan batin dan merespon dengan aksi keluar kepada orang lain atau sesama dan dunia ini. Pendekatan perkembangan spiritual dalam gereja dapat juga memanfaatkan ilmu psikologi atau kejiwaan yaitu:

a. Menolak pandangan sekuler dan menawarkan pandangan religius yaitu pertobatan.

b. Menerima teori-teori perkembangan manusia dan memakainya sebagai alat dalam pendidikan kristiani.

c. Menyetujui pentingnya pribadi atau personal dalam pengertian yang bersosial lebih luas.

· Pendekatan Komunitas Iman

Pendekatan ini adalah suatu pola pendidikan kristiani dengan komunitas-komunitas yang mempromosikan perkembangan manusia yang otentik dan memabntu orang menentukan kelompoknya. Dalam pendekatan komunitas iman, ini dapat menjelaskan tentang pendekatan fenomologi yang dapat digunakan dalam bidang antropolgi, sosiologi, psikologi dan studi-studi agama.

4. Periode-periode Utama Sepanjang Sejarah Gereja.

Periode-periode utama sepanjang sejarah gereja dapat kita lihat secara garis besar yaitu sejarah gereja dimulai dengan didirikannya jemaat pertama sekitar tahun 30. Sebagai titik-balik ditunjukan pada tahun 590 dan 1492/1517. Sampai abad ke-6 gereja pada umunya berada di dalam lingkungan kekaisaran Roma. Tetapi pada abad ini pula kekaisaran Roma lenyap di Eropa Barat dan di ambil alih oleh Paus Gregorius Agung I yang menjadi paus tahun 590. Reformasi tahun 1517 berarti lagi titik-balik untuk gereja di Barat. Teologia dibaharui sedangkan kesatuan gereja yang berwujud dibawah pimpinan paus terputus. Sebenarnya reformasi adalah gereja perubahan yang di alami dalam seluruh kebudayaan Eropa Barat. Dapat dikatakan bahwa perubahan ini dilambangkan oleh penemuan Benua Amerika oleh Columbus pada tahun 1492 yang adalah tanda nyata bahwa orang Eropa mulai melampaui batas-batas Eropa dan menyebar diri ke seluruh dunia, pertama ke gereja Katholik Roma, kemudian gereja-gereja Protestan (Misi dan PI). Peralih yang bagi gereja terletak pada tahun 1517 dapat ditunjukkan untuk sejarah umum pada tahun 1492 sehingga 2 tahun ini biasanya menandai permulaan zaman baru dan dua hal ini diingat sepanjang sejarah gereja.

Tugas:

1. Jelaskan arti dari periodisasi!

2. Sebutkan 3 periode dalam ilmu sejarah gereja dan tahun-tahunnya!

3. Sebutkan 3 pendekatan dalam belajar sejarah gereja!

4. Siapakah penemu Benua Amerika pada tahun 1492?

197 views0 comments

Recent Posts

See All

Commenti


bottom of page