top of page
Writer's picturesmtk kotakupang

Arti Periodisasi



MATERI

1. Arti Periodisasi

Secara umum periodisasi artinya pembagian menurut zamannya atau penzamanan atau pembabakan. Secara khusus periodisasi berarti pembagian waktu yang terjadi dalam ilmu sejarah gereja baik hari, tanggal, bulan dan waktu.

Secara umum terbagi atas 3 periodisasi sejarah gereja yaitu

· Sejarah gereja kuno.

· Sejarah gereja Abad pertengahan.

· Sejarah gereja Zaman baru.

2. Periodisasi Sejarah Gereja menurut Para Ahli.

Pada dasarnya pendapat tentang pokok sejarah gereja dapat dibedakan dua macam. Ada pendapat yang bertolak dari apa yang dilihat atau kenyataan atau dikenal dengan kata empiris dan ada pendapat yang bertolak dari pandangan teologis mengenai gereja. Yang pertama bertolak dari gereja-gereja yang ada secara konkrit, yang kedua menetapkan suatu ukuran teologi tentang gereja yang kemudian meneliti serta menilai apa dan sampai di mana gereja-gereja yang ada berkesesuaian dengan ukuran tersebut.

Dalam pendahuluan Dr. Enklaar berbeda sedikit dari buku Dr. H. Berkhof yang disadurkannya. Dr. H. Berkhof berpendapat bahwa sejarah gereja menceritakan apa yang sedang diselenggarakan atau dikerjakan oleh Roh dan Firman ditengah-tengah manusia. Akan tetapi, pekerjaan Roh dan Firman hanya dapat dilihat dalam iman sehingga sulit untuk ditetapkam secara ilmiah yakni sebagai kemungkinan yang dapat meyakinkan orang lain. Apa yang dikerjakan oleh Roh dan Firman dan apa yang tidak dikerjakan. Yang dapat diselidiki adalah usaha manusia untuk mendengarkan Firman dan mengakui bimbingan Roh.

3. Manfaat Periodisasi Sejarah Gereja.

· Dapat menolong semua orang yang belajar sejarah gereja dalam mengenal atau mengetahui pembagian waktu atau zaman dalam perkembangan gereja.

· Mengetahui peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah gereja.

· Dapat mengenal pembagian waktu dalam sejarah gereja dari awal mula berdirinya gereja sampai saat ini.

· Dapat menambah ilmu tentang gereja.

4. Metode-metode dalam mempelajari Sejarah Gereja.

Metode pendekatan baik secara fenomelogis dan juga secara Feynman yakni

· Catat konsep yang ingin dipelajari.

· Tulis penjelasan konsep tersebut sesederhana mungkin dengan gaya bhasa sendiri dan coba menjelaskan konsep itu ke orang lain sesederhana mungkin.

· Temukan atau identifikasi masalah yang bagi anda masih ribet lalu pelajari lagi di buku.

· Tandai kata-kata yang sulit dan buatlah menjadi sederhana mungkin. Tambahkan contoh-contoh atau ilustrasi yang mudah dipahami. Ulangi keempat konsep ini secara terus menerus sampai memahami konsep yang dipelajari.

Tugas:

1. Apakah arti periodisasi secara umum dan secara khusus!

2. Sebutkan 3 periode sejarah gereja secara umum!

3. Jelaskan periodisasi sejarah gereja menurut Dr. H. Berkhof!

4. Sebutkan manfaat periodisasi sejarah gereja!

5. Sebutkan metode-metode mempelajari sejarah gereja menurut Feynman!

184 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page