top of page
Writer's picturesmtk kotakupang

Konteks PI di Eropa pada saat itu



Materi 1


1. Konteks PI di Eropa pada saat itu.


Kekristenan menjadi umum bagi seluruh Eropa pada abad pertengahan dan mengembangkan keseluruh dunia selama masa eksplorasi negara-negara Eropa dari zaman Renainsance sampai menjadi agama terbesar di dunia. Sekarang terdapat lebih dari 2,5 milyar orang kristen yaitu sepertiga jumlah manusia di dunia. Kekristenan terbagi menjadi gereja Katholik Roma dan Orthodoks Timur pada skisma Timur Barat pada tahun 1054 Reformasi protestan memecah gereja katholik menjadi berbagai denominasi Kristen. Pada saat itu PI gereja barat mulai menyadari panggilannya untuk mengabarkan injil kepada segala bangsa. Pangkalan PI berpusat di Irlandia yang pada akhirnya tersebar sampai pada Inggris, Skotlandia dan Jerman Barat.

2. Tokoh-tokoh PI di Eropa.

PI dalah jawaban gereja dan orang percaya terhadap panggilan Tuhan untuk mengabarkan injil keseluruh dunia dan kepada segala bangsa demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan manusia.

Tokoh-tokoh PI yaitu:

a. Patrick (mengabarkan injil di Irlandia dan Inggris). Ia mulai mengabarkan injil pada tahun 432.

b. Willimboard dan Bonifatius. Pada tahun 690 Williamboard mendarat di pantai Belanda dan 6 tahun kemudian ia dilantik oleh paus menjadi uskup Utrecht karena pekerjaannya yang berhasil. Bonifatius adalah pekabar injil di Jerman dan dijuluki sebagai rasul Jerman.

c. Alcunus mengabarkan injil pada masa pemerintahan Karel Agung. Pada saat itu suku-suku Jerman dimasehikan.

165 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page