top of page

MISSIO DEI DAN MISSIO CHRISTI


MISSIO DEI DAN MISSIO CHRISTI

1. MISSIO DEI

Missio Dei berasal dari Bahasa Latin Missio artinya mengirimkan, Dei artinya Allah;jadi Missio Dei artinya Allah mengirim/mengutus.


Struktur Missio Dei terdiri dari 3 yaitu:

1. UNSUR yang MENGUTUS:

Allah Bapa, Bapa mengasihi manusia yang telah jatuh dalam dosa.Dia tidak membiarkan manusia berlarut-larut dalam pergumulan melepaskan diri dari dosa.Oleh karena itu Bapa mengulurkan pertolongan-Nya dengan mengutus atau memisikan anak-Nya ke dunia untuk menyelamatkan manusia dari kuasa dosa melalui pengorbanan dan kematian Anak-Nya Yesus Kristus di kayu salib.

2. UNSUR yang DIUTUS

Yesus Kristus, Yesus adalah pribadi yang Allah utus untuk datang ke dunia,dengan mengosongkan diri-Nya dan mengambil rupa seorang hamba,dan menjadi sama dengan manusia. "melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri,dan mengambil rupa seorang hamba,dan menjadi sama dengan manusia"(Fil 2:7)

3. UNSUR yang Menerima atau Mempersiapkan Utusan

Sebelum Tuhan Yesus datang ke dunia menjadi manusia untuk memulai karya misi-Nya,Allah mempersiapkan orang-orang yang akan mempersiapkan dan menerima Utusan Agung tersebut.

Missio Dei adalah pengutusan oleh Allah, dimana Allah sendiri yang bertindak sebagai subjek segala pengutusan, terutama pengutusan Anak-Nya. Dialah pengutus agung. Pengutusan ini berhubungan erat dengan keseluruhan pekerjaan Allah untuk menyelamatkan dunia, pemilihan Israel, pengutusan para nabi kepada bangsa Israel dan kepada bangsa-bangsa di sekitarnya, pengutusan Yesus Kristus ke tengah-tengah dunia, pengutusan rasul-rasul dan pekabar-pekabar Injil kepada bangsa-bangsa. Misi berasal dari Allah dan berakhir pada Allah. Allah adalah Allah yang mengutus, yang keluar menuju dunia. Ia adalah yang mengutus Putra dan Roh-Nya.

Di dalam Missio Dei, karya misi pertama-tama dilihat sebagai karya Allah, yakni Allah yang mengutus diri-Nya kepada dunia. Allah hadir di tengah-tengah kehidupan manusia dan memanggilnya untuk menerima tawaran rahmat-Nya. Dampak dari karya rahmat yang mengkristal dan mengendap di dalam kehidupan manusia menjadi saksi hubungan yang telah terjalin antara Allah dengan manusia sepanjang zaman. Manusia yang telah menerima rahmat keselamatan diutus (secara implisit dan eksplisit) untuk menjadi sakramen keselamatan, yakni saksi persatuan antara Allah dengan manusia. Baik panggilan maupun perutusan berorientasi pada rencana Allah untuk menyelamatkan dunia, di mana Allah sendiri “meraja” atas dunia dan menjadi segalanya dalam segalanya (1 Kor. 15: 28).

Gagasan tentang mission Dei, menurut Bosch, mula-mula muncul pada konferensi IMC di Wilingen pada tahun 1952. Para utusan mengukuhkan bahwa misi berasal dari hakikat Allah sendiri. Artinya misi dipahami berasal dari hakikat Allah sendiri, bukanlah pertama-tama aktivitas gereja, melainkan suatu ciri Allah di mana Allah adalah Allah yang missioner. Jadi di sini misi dilihat sebagai sebuah gerakan dari Allah kepada dunia, dan gereja dipandang sebagai sebuah alat untuk misi tersebut. Gereja ada karena ada misi yang mengutus. Oleh karena itu, misi ada karena Allah mengasihi dunia/ manusia. Pertemuan IMC itu juga memikirkan kembali kewajiban missioner gereja. Kewajiban missioner gereja berasal dari kasih Allah dalam hubungannya yang aktif dengan umat manusia.

2. MISSIO CHRISTI

Missio Christiadalah pengutusan Kristus ke dunia dalam arti Kristus mengutusan murid-murid-Nya, dan Kristus di Utus Allah. Missio Christi juga adalah tugas yang dijalankan Mesias sebagai manusia biasa di bumi ini di dalam kelahiran, pengajaran Injil keselamatan, kematian di kayu salib, kebangkitan dari alam maut dan kenaikan ke Sorga (Mark. 1:38).

Oleh karena Allah mengirimkan Anak-Nya, Yesus Kristus, untuk mencari dan mengumpulkan, serta mengubah semua orang yang terasingkan karena dosa. Inilah yang merupakan kehendak Allah dan itu terwujud di dalam Kristus dan akan disempurnakan di dalam Kristus. Karena Allah juga mengutus Roh Kudus, melalui Roh Kudus, gereja, yang mengalami kasih Allah yang aktif, diyakinkan bahwa Allah akan menyempurnakan apa yang telah dimulainya dengan pengutusan anak-Nya itu.

SOAL

1. Apa pemahan Anda mengenai Missio Dei

2. Apa pemahaman Anda mengenai Misso Christi

2,001 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page