top of page

Missio Ecclesia dan Misso Apostolorum


Materi kls X

Missio Ecclesia dan Misso Apostolorum

1. Missio Ecclesia

Missio Ecclesia adalah pengutusan gereja yang merupakan pekerjaan missioner dari jemaat Kristen sepanjang sejarah dunia yang di dalamnya terdapat pengutusan para rasul untuk memberitakan Injil keselamatan kepada segala bangsa (umat manusia). Gereja hadir untuk melakaksanakan misi Allah (Missi Dei), yaitu untuk memberitakan Firman Allah dan mengahadirkan damai sejahtera atau syalom Allah di tengah-tengah dunia. Dalam surat Paulus (Ef. 4:13-14), disebutkan gereja harus sampai pada kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Allah, kedewasaan penuh dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus. Gereja harus berkarya dalam Kristus serta hidup dan berjalan di dalam Kristus sebagai misi-Nya. Dalam hal ini jelaslah bahwa gereja dan misi tidak dapat terpisahkan, sebab misi gereja (Missio Ecclesia) melanjutkan pengutusan Allah Putera dan Roh Kudus yang berawal dari Allah Bapa (Yoh. 17:18; 20;21). Jadi misi berawal dari Allah Bapa yang melalui pengutusan Yesus Kristus ke dalam gereja.

Missio Ecclesia yaitu mewartakan bahwa Yesus adalah Juruselamat bagi manusia, di dalamnya berbicara mengenai pewartaan Yesus Kristus dan karya penyelamatan-Nya yang terbuka bagi semua orang. Gereja mempunyai keharusan untuk mewartakan Injil, baik kepada perorangan maupun kelompok yang dimengerti oleh Roh Kudus untuk memahami kondisi manusia dan membawa manusia kepada pembebasan dosa dan kematian karena perintah Kristus di dalam mengabarkan kabar gembira Allah bahwa Dia mewahyukan dan memberikan diri-Nya sendiri di dalam Kristus untuk Injil harus diwartakan.Kita tidak boleh meletakkan misi di bawah gereja , ataupun gereja di bawah misi. Sebaliknya, keduanya harus diangkat ke dalam missio Dei, yang menjadi konsep yang memayunginya. Missio Dei menciptakan mission ecclesia. Gereja berubah dari pengutus menjadi yang diutus.Dalam eklesiologi yang muncul, gereja pada hakikatnya dipandang missioner. Eklesiologi tidak mendahului misiologi. Kegiatan missioner bukanlah terutama karya gereja melainkan sebagai Gereja yang berkarya.

2. Missio Apostolorum

Apostolorum artinya pengutusan Para Rasul atau pengutusan murid.Pelaksanaan tugas pengutusan tersebut oleh para murid. Tuhan memilih 12 rasul dan mengutus mereka untuk melakukan hal-hal yang Dia sendiri telah lakukan.

Inilah pengutusan yang benar. Yang mengutus sudah melakukan hal-hal yang diharapkan dilakukan oleh mereka yang diutus. Mereka memberitakan firman tentang Kerajaan Surga, menegur dosa, memerintahkan orang-orang untuk bertobat karena Kerajaan Surga sudah dekat, dan juga melakukan tanda-tanda mujizat menyembuhkan orang sakit, membangkitkan orang mati, dan mengusir setan Tanda-tanda ini telah mulai dilakukan oleh para rasul sejak pengutusan ini dan mereka terus melakukannya. Mereka telah mendapatkan anugerah pelayanan Yesus Kristus kepada mereka, maka sekarang mereka harus pergi melayani.Tiga hal yang mereka kerjakan: (1) pewartaan Injil/Kerajaan Allah yang diharapkan membawa orang pada pertobatan; (2) pengusiran setan-setan; dan (3) penyembuhan orang sakit dengan pengolesan minyak. Pengusiran setan dan penyembuhan orang sakit menjadi tanda bahwa Kerajaan Allah sudah datang ke dunia.Missio Apostolorum pengutusan para Rasul/Murid Yesus. Baca Kisah Para Rasul6:2-7 ; 12:24-25; 13:1-3

Soal : 1. Apa pemahan Anda mengenai Missio Ecclesia

2. Apa pemahaman Anda mengenai Misso Apostolorum

1,084 views0 comments

Recent Posts

See All

Commentaires


bottom of page