top of page
Writer's picturesmtk kotakupang

Pemikiran-pemikiran Umum Gereja pada Abad Pertengahan


MATERI

1. Pemikiran-pemikiran Umum Gereja pada Abad Pertengahan.

Abad pertengahan berkisar sekitar tahun 590-1492 atau 1517 maka gereja di Eropah Barat memainkan peran di berbagai sekitar kehidupan masyarakat. Hal ini mulai ketika kekaisaran Romawi hilang sebagai kuasa yang mempersatukan Eropa dan situasi ini berlanjut terus sampai kahir abad pertengahan, waktu kekuatan-kekuatan politik, seperti negara-negara nasional mulai menuntut haknya untuk dapat mengatur kehidupan masyarakat. pada waktu yang sama juga pada akhir abad pertengahan orang-orang Eropa mulai melampaui batas daerah mereka dan keluar keseluruh dunia. 1492 Columbus menemukan benua Amerika. Gereja tidak terbatas lagi pada Eropa dan Timur Tengah seperti dahulu. Sekaligus kesatuan gereja Barat yang dapat dipertahankan selama abad pertengahan menjadi hilang karena Reformasi Marthin Luther (1517).

Periode abad pertengahan lazimnya dibagi tiga. Titik balik yang pertama dialami oleh kebiasaan oleh gereja pada tahun 910 ketika terjadi reformasi kebiasaan di Cluny yang memberi dorongan dan semangat baru kepada seluruh gereja. Sekitar tahun 1300 kemudian menjadi jelas bahwa kuasa gerej apada bidang politik mulai berkurang dan di ancam oleh usaha-usaha negara-negara untuk mengatur bidang ini sendiri yakni ada awal abad pertengahan, abad pertengahan jaya, akhir abad pertengahan.

· Awal abad pertengahan tahun 590-910.

· Abad pertengahan jaya tahun 910-1300.

· Akhir abad pertengahan tahun 1300-1492/1517.

2. Tokoh-tokoh Gereja pada Abad Pertengahan

v Benedictus Nursia: Monte cossino tahun 529.

v Kulumba Irlandia: Skotlandia tahun 563.

v Paus Gregorius I: Roma tahun 590.

v Sinode Whitby: Inggris tahun 664.

v Bonifatius dari Inggis: Jerman tahun 716.

3. Pemikiran Para Tokoh Gereja di Abad Pertengahanan

v Pemikiran Benediktus ke Monte Cossino tahun 529 mendirikan ordo biaranya dari Nursia.

v Pemikiran Paus Gregorius I menjadi paus yang Agung pertama kali di kota Roma, ia dilahirkan dari keluarga bangsawan Romawi tahun 540 yang tidak pernah berambisi untuk menjadi paus di kota Roma. Namun ia mengundurkan diri karena tidak mau terpisah dari kehidupan rakyat biasa dengan membagi-bagikan hartanya untuk membangun biara-biara dan ia sendiri menjadi penghuni salah satunya.

v Pemikir Sinode Whitby = pada pertemuan ini menimbulkan berbagai masalah dan puncak persoalannya pada tahun 664 oleh Oswy raja Northtumbria yang baru ia mengikuti tradisi Roma. Jadi ia meraykan paskah ketika sang ratu masih menjalani puasa prapaskah dan hal itu semestinya tidak boleh.

v Pemikir Bonifatius dari Inggris ke Jerman sebagai missionaris untuk melawan kekafiran yang ada di negeri Jerman. Ia mempunyai sebuah kapak ditangannya. Dihadapannya ada thundering tree (pohon petir) yang besar. Srbuah tanda perbatasan setempay yang dikeramtkan bagi dewa oleh orang-orang kafir. Bahkan banyak orang bertobat jadi kristen karena ajaran Bonifatius yang adalah berdarah Saxon.

4. Pokok-pokok Teologi di Abad Pertengahan

Teologi dari bahasa Yunani Theos “Tuhan” dan Logia “kata-kata, ucapan atau wahana”, atau kadang disebut ilmu agama adalah wacana yang berdasarkan nalar mengenai agama, spiritualitas, dan Tuhan. Dengan demikian teologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keyakinan beragama. Teologi abad pertengahan bisa kita lihat: teologi Anselmus, Abelardus, Thomas dari Aquino, Duns Scotus, Occam, Agustinus.

Penekanan teologis dari Anselmus: aku percaya supaya aku mengerti, Alberdus: lebih dulu aku harus mengerti barulah aku percaya, Thomas dari Aquino: tabiat kodrat bukan ditiadakan melainkan disempurnakan oleh rahmat, Duns Scotus: menekankan kuasa gereja yang tak bergantung pada pengakuan akal budi, Occam: aku percaya sebab mustahil, Agustinus: pokok injil adalah pemilihan rahmat dan iman, tetapi gereja mementingkan pencurahan khasiat rahmat dengan perantaraan sakramen pada amalan dan jasa.

Tugas

1. Sebutkan tiga periode pada abad pertengahan yang lazim dikenal!

2. Siapakah tokoh-tokoh gereja pada abad pertengahan?

3. Jelaskan pokok teologi di abad pertengahan!

4. Sebutkantokoh-tokoh gereja pada abad pertengahan dan semboyan dari masing-masing tokoh?

876 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page