top of page
Writer's picturesmtk kotakupang

Periodisasi



Materi 1

1. Periodisasi

Periodisasi sejarah gereja adalah pembagian waktu dan masa yang bersejarah dalam perkembangan gereja diseluruh dunia. Sejarah gereja di Indonesia tidak seragam dalam penetapan tahun-tahun dan peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan gereja di Indonesia pada masa lampau. Periodisasi sejarah gereja umum dapat dilihat pada tahun dan peristiwa yang terjadi seperti:

ü Tahun 350-590 M adalah sejarah gereja kuno.

ü Tahun 590-1492/1517 M adalah sejarah abad pertengahan.

ü Tahun 1492/ 1517-1900-an adalah sejarah gereja zaman baru.

2. Tokoh-tokoh PI di Eropa

a. F. ukur adalah seorang tokoh periodisasi sejarah gereja di Indonesia dijuluki pula sebagai pakar sejarah gereja yang mempunyai artikel terkenal adalah sebuah rintisan. F ukur menetapkan sejarah gereja di Indonesia sebagai berikut:

ü Prasejarah gereja di Indonesia tahun 645-1930.

ü Sejarah gereja di Indonesia tahun 1930 sampai masa kini.

b. Abineno pernah sebagai dosen di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta. Lahir pada tahun 1917 dan wafat pada tahun 1995. Abineno adalah seorang pendeta dari GMIT dengan latar belakang calvinis. Beliau adalah seorang tokoh yang berasal dari Kupang NTT. Ia juga adalah salah satu pendiri Yamuger dan menjelaskan tentang hubungan antara manusia dengan Allah.

c. Th van den End adalah seorang tokoh sejarah gereja yang mengibaratkan gereja sebagai pohon, yang tumbuh dari tunas yang kecil dan akhirnya menjadi batang yang besar, ada cabang dan ranting-rantingnya, demikian juga gereja yang berasal dari jemaat yang kecil sudah akhirnya menjadi banyak gereja yang berbeda-beda tata cara kebaktian dan ajarannya.

d. Aritonang juga adalah seorang tokoh sejarah gereja yang berasal dari batak dengan karya tulisnya yang berjudul “sejarah perjumpaan kristen dan islam di Indonesia”.

2,427 views0 comments

Recent Posts

See All

コメント


bottom of page