top of page
Writer's picturesmtk kotakupang

Prasejarah Gereja di Indonesia.


1. Prasejarah Gereja di Indonesia.

Berawal dari sejarah gereja Nestorian di Indonesia. Pertanyaan awal dari belajar sejarah gereja di Indonesia yaitu kapan gereja pertama kali didirikan di Indonesia? Apakah harus dimulai dari kekristenan yang dibawa oleh kelompok kristen Nestorian (gereja Asia Lama) di Indonesia yaitu daerah Barus, Tapanuli Utara, atau pada saat datangnya misis gereja Eropa di Indonesia. Jawaban terhadap pertanyaan ini pun beragam, tergantung bagaimana seseorang memberi definisi tentang sejarah gereja di Indonesia dan dari sudut mana seseorang memberi jawaban. Misalnya ada yang melihat dari sudut misionaris dan ada pula yang melihat dari sudut respon orang Indonesia terhadap pemberitaan Injil yang dilakukan para misionaris.

Menurut Dr. Theodore Muller-Kruger “akan tetapi Indonesia tidak kita dapati sedikitpun bekas PI dan tidak terdapat seorang kristenpun di Indonesia. Sebelum kedatangan bangsa Portugis pada abad ke 16 merekalah yang pertama menjadi penyiar-penyiar agama kristen di negeri ini. Menurut Rahmat Subagya nama semarang untuk Y. Bekker beliau adalah seorang misionaris dari ordo Yesuit (Serikat Yesus) ia mengatakan bahwa ada bukti-bukti tentang meluasnya kristen Nestorian di tanah air Indonesia pada abad ke 7 dan ke 12. Menurut Th. Van den End dari cerita yang ragu-ragu mengenai pendapat Subagya dia mengatakan bahwa kedatangan orang Nestorian ke Indonesia tidak ada kepastian, apalagi tentang jemaat-jemaat yang mungkin mereka dirikan. Yang pasti bahwa tidak ada garis yang terus menerus (kontinuitas) antara mereka dengan kekristenan di Indonesia masaa kini. Akhirnya dikatakan bahwa PI masuk di Batak oleh Nomensen sedangkan di Indonesia mulai dari awal abad 7 sampai 14 tidak tercatat dengan baik kecuali di abad 15 di bawah oleh Portugis 1511 maka injil masuk ke Indonesia.

2. Pengertian Prasejarah.

Prasejarah adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada masa dimana catatan sejarah yang belum tertulis. Berarti prasejarah gereja adalah catatan-catatan mengenai penyiaran agama kristen atau penyiaran injil kristen belum tersedia atau belum tercatat secara baik dan benar. Sedangkan sejarah gereja adalah sejarah mulainya kekristenan dan cara gereja kristen berkembang sejak pembentukannya.

3. Kedatangan Gereja Nestorian di Indonesai.

Kedatangan gereja Nestorian di Indonesia sebagaimana digambarkan pada prasejarah gereja maka gereja Nestorian (gereja Asia Lama) itu secara jujur tidak ada satu peninggalan tentang perjalanan penyiarannya di Indonesia apalagi pembentukan jemaat-jemaat kecuali HKBP di tanah Batak dan Portugis, VOC dan Belanda serta Jerman yang membawa PI ke Indonesia.

4. Sejarah Awal Katholik.

Sejarah katolik berawal dari kedatangan bangsa Portugis di kepulauan Maluku, Kolano kepala kampung Mamuya sekarang Maluku Utara, yang dibaptis bersama seluruh warga kampungnya pada tahun 1534 setelah menerima pemberitaan injil dari Gonzalo Veloso seorang saudagar Portugis. Ketika itu para pelaut Portugis baru saja menemukan kepulauan rempah-rempah itu dan bersama-sama dengan para pedagang dan serdadu-serdadu dan para imam katholik juga datang untuk mengabarkan injil. Salah satu pendatang PI di Indonesia atas nama Santo Fransiskus Xaverius yang pada tahun 1546 sampai dengan 1547 datang mengunjungi pulau Ambon, Saparua, dan Ternate. Dalam 15 bulan Ia juga membaptis beberapa ribu penduduk setempat (pulau Maluku). Gereja katholik di Indonesia dalam hal ini adalah gereja yang menggunakan ritus liturgi latin di Indonesia dimana katolik adalah salah satu dari agama-agama yang diakui oleh negara. Sejak kedatangan VOC di Indonesia 1619-1799 akhirnya mengambil alih kekuasaan politik di Indonesia. Gereja katholik di larang secara mutlak dan hanya bertahan di beberapa tempat/wilayah yang tidak termasuk VOC yaitu Flores dan Timor.

Tugas

1. Jelaskan secara singkat prasejarah gereja di Indonesia!

2. Jelaskan arti dari prasejarah Gereja di Indonesia dan sejarah gereja Indonesia.

3. Siapak tokoh PI yang datang ke Indonesia selama 15 bulan?

4. Siapakah kepala kampung yang memberi diri untuk dibaptis pada saat kedatangan bangsa Portugis di Maluku?

5. Jelaskan kekuasaan VOC pada saat berakhirnya bangsa Portugis di Indonesia!

470 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page