top of page
Writer's picturesmtk kotakupang

Proses Pekabaran Injil di Eropa.



Materi

1. Proses PI di Eropa.

Pada awal abad pertama Pekabaran Injil belum diusahakan oleh gereja Kristen dengan suatu organisasi dan peraturan yang tetap.Tetapi pada permulaan abad-abad pertengahan (500 masehi)hal itu berubah.Pangkalan pengutusan injil di Eropa terdapat di Irlandia dan injil tersebut dibawa kenegeri itu oleh seorang yang bernama Patrick tahun 432 Masehi. Kemudian berdirilah disana suatu gereja Kristen yang berkembang dengan cepat.Gereja itu dipimpin oleh biara-biara yang menjadi pusat kehidupan rohani.Ilmu dan kebudayaan injil itu dibawah oleh para rahib keberbagai negeri Eropa,misalnya ke tanah Inggris,Skotlandidan ke Jerman Barat bahkan sampai ke Pulau Es.Columbus memasehikan Skotlandia tahun 563 M dan Columbanus tahun 600 M mempengaruhi hati banyak orang kafir di Eropa Barat dengan khotbah yang memanggil pada pertobatan.Sejak abad ke 5 Inggris dimasuki oleh bangsa Angel dan Saks yang datang dari Denmark dan Jerman Utara.Gereja kecil yang berdiri sebagai hasil pekerjaan oleh rahib-rahib Irlandia namun mereka diganggu oleh suku kafir itu,sebab itu Paus Gregorius Agung mengutus 40 rahib Benediktin ke Inggris pada tahun 596 yang dipimpin oleh seorang kepala biara yang bernama Agustinus.

Injil Yesus Kristus muncul di tengah bangsa Yahudi dan pekabarannya pertama ditunjukkan masyarakat Yahudi. Dimana orang menyambut Yesus Kristus disana terbentuk jemaat-jemaat kecil.Sejak awal kehadirannya, gereja mengalami banyak penghambatan terhebat dalam sejarah Roma dilakukan oleh Kaisar Diocletianus dan penganiayaan Galerius dari tahun 303 sampai 311 masehi.Untuk mewujudkan persatuan agama dan politik kedua kaisar ini berlaku sangat kejam.

2. Metode-metode yang digunakan saat PI di Eropa.Metode Korelasi artinya sebuah metode yang digunakan untuk menyesuakan pemahaman Kristen terhadap pemahaman modern tanpa kehilangan identitasnya,metode Pendekatan Fenomelogis historis.Metode pendekata ini bisa pendekatan instruksional,pendekatan perkembangan,dan pendekata komunitas iman,dan masih banyak metode yang duilakukan oleh para Pekabar Injil di Eropa.

Penyebaran ini menghadapi banyak penghambatan dan membutuhkan waktu berabad-abad. Penyebaran injil berlansung didukung oleh banyak orang kristen yang setia kepada Tuhan Yesus dan menjalankan panggilanNya. Injil Yesus Kristus mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat Kristen, seperti tumbuhnya persaudaraan kristiani dalam jemaat-jemaat, terutama di antara tuan dan budak. Pada perjalanan sejarah dunia, injil Yesus Kristus mempunyai pengaruh besar dalam perkembangan peradaban barat, terutama pascareformasi protestan dan peradaban barat menyebarluaskan kemajuan injil keseluruh dunia.

3. Tokoh-tokoh PI di Eropa.

PI adalah jawaban gereja dan orang percaya terhadap panggilan Tuhan untuk mengabarkan injil keseluruh dunia dan kepada segala bangsa demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan manusia.

Tokoh-tokoh PI yaitu:

a. Patrick (mengabarkan injil di Irlandia dan Inggris). Ia mulai mengabarkan injil pada tahun 432 M.

b. Willimboard dan Bonifatius. Pada tahun 690 Williamboard mendarat di pantai Belanda dan 6 tahun kemudian ia dilantik oleh paus menjadi uskup Utrecht karena pekerjaannya yang berhasil. Bonifatius adalah pekabar injil di Jerman dan dijuluki sebagai rasul Jerman.

c. Alcunus mengabarkan injil pada masa pemerintahan Karel Agung. Pada saat itu suku-suku Jerman dimasehikan.


Tugas

1. Menjelaskan bagaimanaproses pekabaran injil di Eropa!

2. Sebutkan tokoh-tokoh yang melakukan PI di Eropa serta metode yang digunakan masing-masing!

2,749 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page