top of page
Writer's picturesmtk kotakupang

Sejarah Gereja X (Pelayanan Rasul Paulus)



MATERI

1. Latar belakang kehidupan Paulus. Nama aslinya adalah Saulus (di ambil dari bahasa Ibrani) tetapi setelah bertobat mengambil nama dari Bahasa Yunani yaitu Paulus. Saulus adalah seorang Yahudi dan ia sangat bangga dengan Keyahudiannya itu, ia berasal dari suku Benyamin dan ia juga warga negara Roma. Rasul Paulus adalah Rasul yang memberitakan Injil kepada bangsa_bangsa bukan Yahudi. Ia adalah seorang yang gigih dan siap mati karena Kristus. Dahulu ia adalah seorang yang menjunjung tinggi Taurat, akan tetapi perjumpaannya dengan Yesus telah mengubah hidupnya.

2. Kehidupan Paulus sebelum bertobat ia menjadi pemimpin di antara orang Yahudi. Para pemimpin yang lebih tua mundur dan memberi kesempatan kepada Paulus menjadi pemimpin pasukan untuk menghancurkan Kekristenan (Kisah Para Rasul.26:10 dan 11). Paulus mengejar dan memenjarakan orang-orang Kristen, karna di anggap bahwa orang-orang Kristen menentang Taurat dan tidak melakukan ketetapan_ketetapan Taurat. Ini terjadi sebelum ia mengalami Kasih dan Anugerah dari Tuhan dan Juruselamat kita Yesus Kristus.

3. Peristiwa pertobatan Paulus.

Berita tentang kedatangan Paulus telah sampai ke Damsyik sebelum tiba di sana. Pertobatan Paulus terjadi ketika ia mendekati kota itu. (Kisah Para Rasul 9:4_6). Di sana ia tinggal selama tiga hari tiga malam tanpa makan dan minum. Selama tiga hari itu Paulus berdoa dan berpuasa. Seluruh hidupnya telah berubah setelah pertemuannya dengan Kristus dan akhirnya ia membangun seluruh kehidupannya bersama Kristus.

4. Perjalanan Pelayanan Paulus ada tiga yaitu :

1. Paulus di utus ke Siprus,Asia kecil, dan kembali atau pulang. Lalu di adakan sidang Para Rasul di kota Yerusalem.

2. Paulus di utus lalu ada perselisihan antara Paulus dan Barnabas, ke Asia kecil, Makedonia, di Yunani dan kembali ke Antiokhia.

3. Perjalanan ke tiga ini langsung ke kota Efesus, perjalanan keliling, pertemuan Paulus dan Yakobus di Yerusalem.

4. Teologi dari Paulus tentang akhir zaman sehingga Paulus dan Barnabas selalu memberi diri untuk :

_ Penginjilan (penginjil).

_ Sebagai guru (pengajar).

_ Sebagai konselor (penasehat).

_Sebagai penuntun (pembimbing).

Tugas

1. Jelaskan secara singkat latar belakang kehidupaan Paulus!

2. Menjelaskan makna dari bunyi firman Kisah Para Rasul, 26:10_11!

3. Menjalaskan makna dari bunyi firman Kisah Para Rasul 9:4-6!

4. berapa kali perjalanan Paulus dalam pelayanannya? Sebutkan dan jelaskan.!

245 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page