top of page
Writer's picturesmtk kotakupang

Sejarah Gereja X (Pelayanan Yesus Kristus dan Para Rasul-Nya)



MATERI

  1. Pelayanan Yesus

a. Kronologi kehidupan Yesus

Dapat disusun berdasarkan catatan Alkitab Kristen, termasuk didalamnya Alkitab Ibrani, surat-surat murid-muridNya, tradisi gereja, serta catatan para sejarawan pada abad-abad pertama masehi.

Pemerintah kaisara Agustus saat itu Maria telah bertunangan dengan Yusuf seorang tukang kayu (Matius 1:1; Lukas 3:23; Yohanes 7:48)

b. Masa kecil Yesus

Catatan-catatan kisah masa kecil Yesus Kristus setelah dilahirkan dalam Alkitab tertulis sebagai berikut: dan ketika genap 8 hari dan Ia harus disunatkan, diberi nama Yesus yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibuNya (Lukas 2:21).

c. Pengajaran Yesus

· Kerajaan Allah. Tujuan utama Tuhan Yesus datang kedunia adalah untuk memberitakan injil kerajaan Allah.

· Pertobatan. Seperti telah disebut sebelumnya Tuhan Yesus datang kedunia ini untuk memberitakan injil Allah karena itu Ia menyerukan manusia untuk bertobat dan percaya kepada Injil (Markus 1:15)

d. Masa akhir hidup Yesus

Yesus meninggal 30-33 M. Usia kira-kira 33 tahun di Yerusalem, Yudea, kekaisaran Roma sebab meninggalnya Yesus disalibkan.

  1. Pelayanan para Rasul Yesus Kristus.

a. Yakobus dan jemaat di Yerusalem

Yakobus sebagai martir di Yerusalem pada tahun 62 atau 69 adalah seorang tokoh penting pada zaman para rasul. Beberapa julukan yang digunakan untuk merujuk pada Yakobus antara lain Yakobus saudara Tuhan, Yakobus yang adil atau yang benar.


b. Jemaat di Antiokhia.

Di awal sejarah kekristenan, Antiokhia merupakan suatu tempat yang istimewa. Disana terdapat kelompok-kelompok orang Yahudi yang sangat besar dan maju yang merupakan lahan subur bagi pengajaran iman Kristen.


c. Rasul Petrus dan jemaat di Roma.

Rasul Petrus memulai karya apostoliknya di Yerusalem untuk memberitakan injil kepada umat Yahudi. Iapun mengadakan perjalanan ke Samaria untuk memperkenalkan keselamatan pada orang-orang Samaria (Kisah 8:4-25).


d. Rasul Yohanes dan gereja di Efesus.

Gereja Efesus tercatat sebagai gereja yang murni di mata Tuhan. Mereka tidak membaurkan diri dengan kebudayaan berhala di sekeliling mereka saat itu. Nasihat untuk mereka yaitu: Yohanes 14: 15 dan pengajaran bagi mereka: 1 Yohanes 5:4-5.


e. Rasul Tomas dan jemaat di Siria.

Injil Tomas yang popular di Siria dan ditemukan naskahnya pada tahun 1945 di Mesir menjadi kitab rujukan berikutnya. Jumlah jemaat nasrani diperkirakan ada 5,6 juta. Umat nasrani Siria melebar juga dikenal sebagai orang-orang Kristen santo Tomas merupakan kelompok etnoreligius dari Karralla India yang dekat dengan ragam gereja dar tradisi Kristen Santo Tomas.


2. Pengajaran-pengajaran para Rasul Yesus Kristus.

a. Didakhe

Didakhe atau ajaran-ajaran rasul adalah nama umum yang diberikan kepada sebuah risala Kristen awal (yang diduga berasal dari suatu masa pada 3 abad pertama sejarah gereja) yang memuat pengajaran untuk komunitas-komunitas Kristen.


b. Pengakuan iman rasul.

(Latin: simbolon apostolorum atau simboulon apotolicum) kadang disebut credo rasuli adalah salah satu dari credo yang secara luas diterima dan di akui oleh gereja-gereja Kristen, misalnya gereja-gereja yang berakar dalam tradisi barat. Dikalangan gereja katolik, credo ini disebut syahada para rasul.


Tugas

1. Jelaskan kronologi kehidupan Yesus!

2. Jelaskan pengajaran Yesus!

3. Jelaskan tentang pelayanan Yakobus di Yerusalem!

4. Jelaskan pengajaran-pengajaran para rasul Yesus Kristus!

136 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page