top of page
Writer's picturesmtk kotakupang

Sejarah Gereja XI (Gereja Ortodoks)




MATERI

1. Arti Ortodoks.

Ortodoks dalam gereja adalah gereja yang berpandangan sempit dan kuno atau masih tetap memegang teguh pada peraturan dan ajaran yang resmi.


2. Gereja Ortodoks Timur

Gereja ortodoks Timur dengan resmi Gereja Katholik Ortodoks juga disebut gereja ortodoks. Ortodoks Timur dan ortodoks adalah gereja kristen terbesar kedua di dunia dengan pemikiran jumlah umat 225-300 juta orang. Pada setiap abad ada terjadi keretakan dalam gereja kristen. Keretakan-keretakan besar terjadi sesudah konsili chalcedom (451 penganut nestorian dan cyrillus memisahkan diri). Antara tahun 1054-1204 gereja katolik pecah menjadi gereja ortodoks timur dan gereja katolik Roma, dan sesudah tahun 1517 gereja protestan lahir. Kemudian gereja protestan terpecah lagi sehingga timbul banyak denominasi atau kelompok gereja yang mempunyai dasar yang sama yaitu: Lutheran, Calvinis, anglikan, baptis, metodhis dan sebagainya. Latar belakang lahirnya gereja ortodoks timur oleh karena perselisihan tentang pengorbanan Kristus dan keadaan Kristus. Bahwa keselamatan di peroleh karena perbuatan baik dan ada yang berpendapat bahwa keselamatan hanya oleh karena iman kepada Allah di dalam pengorbanan Kristus. Jadi mempersoalkan tentang tabiat dari Kristus.


3. Perkembangan gereja Ortodoks.

Gereja ini mempertahankan peraturan dan susunan gereja lama yaitu segala uskup sama tinggi dengan derajatnya hanya gereja seantara saja dapat memutuskan kebenaran dalam sinodenya. Kaidah untuk kebenaran itu ialah Alkitab dan tradisi teristimewa keputusan dari ketujuh konsili besar (oikumene) yang penghabisannya diadakan di Nicea pada tahun 787.

Seorang PI dan penggembala yang terkenal ialah Johanes Chrysostomus (mulut emas) uskup Konstantinopel (400). Gereja timur menyebut dirinya gereja ortodoks atau gereja katholik Gerika. Organisasinya tidak berpusat pada satu kota atau seorang patriakh saja tetapi gereja ini terdiri dari beberapa gereja sinergi di Rusia dan di Balkon yang di pimpin Patriakh-patriakh atau sinode-sinode. Walaupun gereja Ortodoks sangat dianiaya pada tahun atau abad ke 20 oleh kaum komunis, teristimewa di Rusia tetapi jumlah anggotanya kini menjadi bertambah banyak 140 juta jiwa. Pada persidangan-persidangan, gerakan oikumene di Eropa Barat sejak tahun 1925 gereja ortodoks diwakili oleh uskup-uskupnya. Disitu nyata betapa indah harta Rohani Gereja itu yang dipelihara saat ini.


4. Pokok-Pokok Utama dari Gereja Ortodoks.

Pokok-pokok utama dari gereja ortodoks ada 3 konsili oikumenis yaitu

a. Konsili Nicea

b. Konsili Konstantinopel

c. Konsili Efsus


5. Perbedaan Gereja Barat dan Timur.

Perbedaan gereja barat dan timur ada dalam tabiat atau perbuatan baik. Pertikaian yang dihadapi oleh gereja barat dan timur ini terletak pada “doktrin ketritunggalan” tetapi pada tahun 381 keduanya kembali rujuk oleh karena konsili Konstantinopel.

Tugas

1. Apa arti ortodoks!

2. Jelaskan secara singkat lahirnya gereja ortodoks?

3. Apa masalah atau pertikaian yang dihadapi oleh gereja sehingga terjadinya perpecahan gereja ortodoks timur dan gereja ortodoks barat?

4. Sebutkan pokok-pokok utama gereja ortodoks!

392 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page