top of page
Writer's picturesmtk kotakupang

Sejarah Gereja XII (Gereja Pada Masa Pendudukan Jepang, Zending dan Pergerakan Nasional Indonesia)



MATERI

1. Gereja pada masa pendudukan Jepang ,zending dan pergerakan nasional Indonesia. Masa pendudukan Jepang di Indonesia merupakan masa penderitaan bagi bseluruh bangsa Indonesia sebagai sebuah bangsa maupun bagi orang Indonesia yang beragama Kristen yakni bisa dilihat bahwa kolonialisme Jepang ( 1942 – 1945 )berdampak buruk yang luar biasa yang dirasakan seluruh rakyat Indonesia termasuk umat Kristen.Sebagian pengamat berpendapat bahwa keadan gereja Kristen pada zaman Jepang suram dan tidak berkembang karena para misionaris diinternir sehingga misi mendadak. Seolah hidup matinya gereja ditentukan kegiatan para misionaris asing. Menurut buku yang terjadi justru sebaliknya, pada masa pendudukan jepang menunjukan jati diri sebagai umat Allah yang penuh vitalitas, meskipun misionaris tidak bisa menyertainya. Orang- orang Kristen di era colonial Belanda punya akses yang lebih baik dari sekolah mereka, bisa dipekerjakan orang-orang Belanda dan banyak orang menyerap kebudayaan Barat. Dengan adanya badan Zending maka makin kuat kelompok kemasyarakatan dalam bersatu untuk mempertahankan kemerdekaan tanah air Indonesia dan juga menyembangkan pekabaran Injil ke pelosok-pelosok sehingga terbentuknya gereja-gereja rakyat atau local diberbagai daerah.


2. Banyak dampak pendudukan Jepang di Indonesia yaitu kolonialisme jepang sangat berdampak buruk meskipun begitu, saat itu terdapat saksi iman yang bertahan diri dalam kesulitan besar itu. Kebanyakan mereka adalah kaum awam yang kuat, tanpa bantuan orang Barat. Tokohnya umat bukan anggota terdekat tetapi mereka baik pribumi maupun non pribumi merupakan umat Allah. Mereka ibarat bahtera yang telah berhasil melalui gelombang besar dibawah kekuasaan Jepang.


3. Dalam kurung waktu kurang dari stengah abad sejak awal saat itu pergerakan nasional Indonesia berhasil membawa Indonesia kepada kemerdekaan dan kesatuan nasional. Sikap zending mendukung segala persiapan kemerdekaan pada saat itu.


4. Pada awal terbentuknya zending atau kelompok kemasyarakatan termasuk didalmnya pekabar-pekabar injil dan utusan-utusan dari berbagai daerah dilematis menghadapi situasi itu, tetapi tetap saja kelompok mereka sangat kuat dan akhirnya mendukung kemerdekaan Indonesia. Ada dari Belanda, dari Jepang tetapi juga ada dari mpemuda-pemuda Indonesia.


TUGAS

1. Jelaskan gereja pada masa pendudukan Jepang !

2. Jelaskan dampak pendudukan Jepang terhadap gereja di Indonesia !

3. Jelaskan sikap zending terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia !

4. Menjelaskan zending menghadapi dilematis terhadap pergerakan kemerdekaan Indonesia!


Tugas dikirimkan melalui absensi harian mata pelajaran, jika ada hal yang belum jelas silahkan menghubungi guru mata pelajaran 081269382922 (Pak Domi)

408 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page