top of page

5. Permasalahan Kependudukan Di Indonesia Dan SolusiNya .-

Updated: Mar 6, 2021

Mata Pelajaran : IPS Terpadu

Kelas/Semester : XI A / 2

Hari/Tanggal :

Pertemuan : 6


Materi / Bahan ajar



5. Kependudukan Di Indonesia

Untuk pembahasan kali ini akam mengulas mengenai kependudukan di Indonesia yang dimana dalam hal ini meliputi definisi, masalah, cara dan upaya pemerintah mengatasinya. Untuk lenbih jelas dan lebih dipahami kalau begitu simak saja uraian berikut ini.

Ø Pengertian Kependudukan Indonesia

Penduduk Indonesia sebagian besar hidup di daerah pedesaan yang masih memiliki rasa kekeluargaan antar sesama. Kependudukan di Indonesia memiliki empat ciri-ciri umum yakni Jumlah penduduk yang dimana dalam hal ini semakin bertambah, sebagian besar penduduk berusia muda, persebaran penduduk tidak merata pada setiap pulau, sebagian besar penduduk bekerja di sektor pertanian.

Pertumbuhan penduduk Indonesia dari tahun ke tahun semakin bertambah namun untuk mengatasi hal itu pemerintah menetapkan kebijakan-kebijakan yang dapat mengendalikan jumlah pertumbuhan.

Ø Masalah Kependudukan Di Indonesia

Dalam hal bahwa permasalahan pendudukan di Indoensia yaitu:

Ø Masalah Kuantitatif

  • Jumlah penduduk yang besar.

  • Pertumbuhan penduduk yang tinggi.

  • Persebaran dan kepadatan penduduk yang tidak merata.

Ø Masalah Kualitatif

  • Tingkat kesehatan penduduk yang rendah.

  • Tingkat pendidikan yang rendah.

  • Tingkat pendapatan yang rendah.

Ø Cara & Upaya Pemerintah Mengatasi Masalah Kependudukan

Upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah-masalah tersebut ialah:

  • Jumlah penduduk dan pertumbuhannya diatasi dengan program keluarga berencana (KB).

  • Persebaran dan kepadatan penduduk diatasi dengan seperti program transmigrasi dan pembangunan lebih intensif di kawasan indonesia timur.

  • Tingkat kesehatan yang rendah diatasi dengan seperti pembangunan fasilitas seperti pusat kesehatan masyarakat “puskemas” dan rumah sakit umum “RSUD” dan pelayanan kesehatan gratis bagi penduduk miskin.

  • Tingkat pendidikan yang rendah diatasi dengan seperti penyediaan fasilitas pendidikan yang lebih lengkap dan merata di semua daerah di Indonesia, penciptaan kurikulum pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja, peningkatan kualitas tenaga pengajar “guru dan dosen” di lembaga pendidikan milik pemerintah, penyediaan program pelatihan bagi para pengajar dan pencari kerja dan mempelopori riset dan penemuan baru dalam bidang IPTEK di lembaga-lembaga pemerintah.

  • Tingkat pendapatan yang rendah diatasi dengan seperti penciptaan perangkat hukum yang menjamin tumbuh dan berkembangnya usaha/investasi baik PMDN ataupun PMA, optimalisasi peranan BUMN dalam kegiatan perekonomian sehingga dapat lebih banyak menyerap tenaga kerja, penyederhanaan birokrasi dalam perizinan usaha.

Link vidioo :

https://www.youtube.com/watch?v=QJEidM4GUdk


Tugas

1. Jelaskan pengertian dari kepedudukan Indonesia?

2. Sebutkan cara-cara pemerintah untuk mengatasi masalah kependudukan!

241 views0 comments

Recent Posts

See All

Uji Kompetensi Materi Pertemuan : 1,2,3, Dan 4 .-

Mata Pelajaran : IPS Terpadu .- Kelas / Semester : XI A / 2 .- Pertrmuan : 5 .- Uji Kompetensi Materi Pertemuan : 1,2,3, Dan 4 .- " Pertanyaan " 1. Jelaskan Sensus Penduduk Berdasarkan Tempat TinggalN

Mobilitas Penduduk Dan Pengendaliannya

Mata Pelajaran : IPS Terpadu Kelas/Semester : XI A / 2 Pertemuan : 4 Materi/Bahan Ajar 4. Mobilitas Penduduk Dan Pengendaliannya Mobilitas/Migrasi adalah perpindahan penduduk dengan tujuan untuk menet

bottom of page