top of page

Kitab-kitab Sejarah dalam Perjanjian Lama (kitab Raja-raja 1 & 2)

Kitab-kitab Sejarah dalam Perjanjian Lama (kitab Raja-raja 1 & 2)

Ke-12 Kitab-kitab Sejarah adalah Yosua, Hakim-Hakim, Rut, 1Samuel, 2 Samuel, 1Raja, 2 Raja, 1Tawarikh, 2Tawarikh, Ezra, Nehemia, dan Esther. I. Sebelum Pembuangan: Ke-9 kitab Yosua, Hakim-Hakim, Rut, 1Samuel, 2 Samuel, 1Raja, 2 Raja, 1Tawarikh, dan 2Tawarikh menceritakan sejarah Israel setelah memasuki Kanaan di bawah Yosua sampai menjelang mereka dibuang ke Babel.

Kitab Raja-raja ( 1 & 2)

A. Pendahuluan

Tradisi yahudi memberi nama kitab ini “ raja-raja” didalam kitab suci mereka. Kitab raja-raja menggambarkan pemerintahan, kekayaan dan hikmat Salomo.masa keemasannya ditandai dngan pembangunan bait Alah. Setelah kematiannya terjadi perpecahan dalam kerajaan dengan memerintahnya Rehabeam anaknya Salomo di Yehud ( kerajaan Israel Selatan) dan Yerobeam di Israel ( kerajaan Utara). Saat itu ibu kota Yehuda adalah Yerusalem dan ibukota Israel adalah Samaria

Menurut tradisi Yahudi , nabi Yermia adalah penulisnya.

Latarbelakang historis kitab ini adalah era transisi antara pemerintahan raja Dau dan anaknya raja Salomo ( Kira-kira 931 SM, 1 Raja-raja 1:1-2: 12) dan berakhir pada kisah era pemerintahan Yoyakim. Ketika ia dibuang dan dibebaskan dari penjara oleh raja Babel ( kira-kia 562 – 561 SM, 2 raja-raja 25: 27-30)

Tujuan kitab ini ditulis adalah untuk menunjukan bahwa sebagai umat Allah israel berkewajiban utuk menaati hukum Allah khususnya untu menjaga kemurnian penyembahan kepada Allah. Bahwa ketaatan membawa berkat, sedangkan ketidaktaatan membawa hukuman

B. Ciri khas penilaian kepada para raja yang memerintah

Dalam kitab raja-raja menuturkan tentang kritik yang keras kepada para raja Israel dan kritk yang bervariasi kepada para raja Yehuda:

1. Beberapa yang dikritik dengan keras: Yoram, Ahazia, Ahas, Mansye, dan Amon

2. Banyak yang dipuji krena pada umumnya mereka berbuat baik, tetapi pemerintahanny kurang memuaskan, karena tidak memakai cara pemerintahan Daud dan juga mereka tidakmenghentikan penyembahan berhala, misalnya:

Amazia dalam raja-raja 14:3-4

3. Ada dua raja yang dipuji karena prilaku kepemimpinn yang baik: Hizkia dan Yosia. Keda raja itu menghapuskan penyembahan berhala serta mengharuskkan penyembahan Allah di Bait Suci di Yerusalem saja.

C. Garis besar

1. Masa Pemerintahan Salomo ( 1 Raja1-11)

a.Akhir riwayat Daud dan kenaikan Salomo ( 1 Raja-raja 1-2)

b. Salomo mendapat hikmat dari Tuhan ( 3-4)

c. Pendirian bait suci (5-8)

d. Kemsyuran Salomo (9-10)

e. Kemurtadan Salomo( 11)

2. Kerajaan terpisah (1 raj. 12- 2 raj 11

a. Kerajaan pecah (1 raj. 12-14)

b. Riwayat raja-raja Yehuda dan Israel ( 1 raj 15-2 raj 17)

3. Kerajaan Yehuda sdamapi denan pembuangan ( 2 raj 18-25)

a. Riwaya raja-raja (2 raj 18-24)

b. Keruntuhan kerajaan Yehuda dan pembuangan ( 2 raj 25)




E. Penemuuan arkeologis (hal-hal yang bersifat mempelajari kebudayaan (manusia) masa lalu melalui kajian sistematis atas data bendawi yang ditinggalkan)

Penemuan arkeologis penting batu Moab atau Mesya yang ditemukan di Transyordania.pada batu ini menuliskan kisah-kisah aksi militer selama pemerintahan raja Omri dan Ahab dan penyembahan dewa Moab: Kamos

Penemuan arkeologis lain yang juga mendukung kebenaran kisah-kisah yang ditutrkan dalam kitab raja-raja adalah prasasi Siloam yang terkenal sebagai monumen peringatan tentang penyelesaian saluran air pada era raja Hizkia( 2 raj. 20:20; 2 Tawarikh 32:2-4)

Adapula lempengan tanah liat ( gerabah 0 yang mencatatkan entang kisdah pemberian makanan untuk raja Yoyakhin dan para pengikutnya ( 2 Raj.25-27)

F. Kronologi pemerintahan era kitab raja-raja

Kisah pemerintahan para raja pada era kitab raja-raja secara alur kronologgis dituturkan sebagai kelanjutn kisah yang dituliskan dalam kitab Samuel.kisah yang dimulai dngan naiknya Salomo pada kursi kerajaan setelah kematian Daud.

1. Era transisi pemerintahan dari raja Daud ke raja Salomo ( 1 Raja-raja 1-2:12)

2. Era pemerintahan raja Salomo (2 raj.2:13- 11:43)

3. Era pemerinthan Israel terpecah: kerajaan Israel dan kerajaan Yehuda ( 1 Raj. 12-2 Raj 17)

4. Era pemerintahan kerajaan Yehuda sampai pembuangan ke Babel ( 2 Raj. 18-25)

F. Pesan-pesan utama

Melalui kitab raja-raja kita bisa belajar beberapa hal tentang iman kepada Tuhan dalam relasi dengan kehidupan umatNya.

1. Allah adalah Allah perjanjian

2. Yahwe adalah satu-satunya Allah yang layak disembah

3. Kutuk dan berkat

D. Respon

Respon yang bisa kita wujudkan dalam prilaku hidup kita sebagai orang kristen antara lain:

Pertama: milikilah dan bertumbuhlah dalam pengenalan akan Allah

Kedua: hidup alam kesetiaan

Tugas

Catat materi yang ada untuk dipelajari


1,234 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page