top of page

Pengantar Pentateukh

Materi Pembelajaran

Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alkitab (IPAL)

Kelas : X/ Ganjil

Pertemuan ke : 3

Aloksi Waktu : 4 jam pelajaran


I. Pengantar Pentateukh

Kata ‘Pentateukh’ berasal dari bahasa Yunani pentateukhos yang terdiri dari 2 kata, penta, yang berarti ‘lima (5)’ dan teukhos, yang sebenarnya berarti ‘implementasi/pelaksanaan’ namun istilah ini selanjutnya diartikan dengan tindakan ‘membawa gulungan kitab. Dan pada akhirnya istilah ini lebih dikenal dengan artinya sebagai ‘gulungan.’ Selanjutnya kedua kata tersebut digabung dan merujuk pada ‘kelima naskah’ atau ‘kitab yang terdiri dari lima buku’ yaitu kelima kitab pertama dari Perjanjian Lama.

Istilah Pentateukh, pertama kali digunakan oleh orang Yahudi berbahasa Yunani di kota Alexandria,[9] yang bermakna "lima kitab", atau sebagai "Hukum", atau "Hukum Musa". Taurat (Ibrani: תּוֹרָה, Torah – yang berarti "instruksi"; bahasa Arab: التوراة‎, Al-Tawrāh) adalah lima kitab pertama Tanakh/Alkitab Ibrani dan bagian Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Dalam bahasa Yunani kumpulan 5 kitab ini disebut Pentateukh ("lima wadah" atau "lima gulungan"). Taurat adalah bagian penting dari kanon/kitab suci orang Yahudi.

2. Kelima kitab dalam pentateukh/ Taurat adalah:

· Kitab Kejadian, bahasa Latin: Genesis, bahasa Ibrani: beresyit (בראשית),

· Kitab Keluaran, bahasa Latin: Exodus, bahasa Ibrani syemot (שמות),

· Kitab Imamat, bahasa Latin: Leviticus, bahasa Ibrani wayiqra (ויקרא),

· Kitab Bilangan, bahasa Latin: Numerii, bahasa Ibrani bemidbar (במדבר),

· Kitab Ulangan, bahasa Latin: Deuteronomium, bahasa Ibrani debarim (דברים).

Nama lain bagi kumpulan kitab suci ini adalah "5 Kitab Suci Musa" atau "Pentateukh" (Septuaginta) dalam bahasa Yunani.


3. Tema –tema pokok kitab Pentateukh

Ada empat (4) pokok tema yang dibicarakan dalam Pentateukh antara lain:

1. Hal Pemilihan

2. Perjanjian

3. Hal Hukum

4. Hal Keluaran

1) Hal Pemilihan

Ada 2 hal yang menyangkut pemilihan:

a. Perjanjian: Perjanjian adalah dari pihak Allah, yaitu Allah yang memberi janji akan memberikan keturunan, tanah Kanaan dan nama besar kepada Abraham

b. Tanggungjwawab/ kewajiban: adalah dari Abraham dan keturunannya/ Israel, bahwa mereka akan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa lain.

2) Perjanjian

Perjanjian adalah alat untuk menyatakan hubungan antara manusia dan Allah. Dalam Pentateukh ada 3 perjanjian yang diberikan Tuhan yakni kepada:

Ø Nuh ( Allah tidak akan memusnahkan bumi dengan air bah ( Kej. 9:11)

Ø Abraham (akan memberikan keturunan, tanah Kanaan dan nama besar (Kej. 12:1-9; Kej 15;; 10-21; 17:4-14)

Ø Israel ( ang diteapkan di gunung Sinai dengan perantaraan Musa bahwa llah akan memberikan tanah kanaan sebagai milik pusaka bangsa Israel ( Keluaran 24:1-11)

3) Hal hukum

Hukum merupakan hal pokok dari sepuluh Hukum Taurat, Kitab Perjanjian, peraturan-peratuan kudus, serta hukum ulangan

4) Hal Keluaran

Ø Tindakan Allah untuk menyelamatkan umat-Nya yang tertindas.

Ø Peristiwa berikutnya adalah ketika dibuang ke Babel dan pada waktu Yesus datang untuk melepaskan umat-Nya dari dosa.

Kitab Kejadian

I. Pendahuluan

• Nama kitab: Kejadian; Genesis (Inggris); Beresyit (Ibrani); berasaldari kata pertama yang munculpadakalimatpertamadarikitabpertamaini.

• Nama kitabiniberkaitanasal-usulsegalasesuatu: alamsemestadanisinya, kehidupan di bumi (manusia, dosa, perkawinan, bahasa, sistempemerintahan, budaya, bangsa, agama, dll.), pengelolaanbumi, keselamatan, lahirnyaumatpilihan Allah, dll.

• Kitab Kejadian dibagi menjadi dua bagian besar yaitu:

Pasal1-11 yang berbicara tentang sejarah Purbkala( yaitu sejarah yang terjadi sebelum pemanggilan Abraham

pasal 12-50 yang berbicara tentang sejarah nenek moyang bangsa Israel

II. Penulisan.

Perjanjian Lama menyebut Musa sebagai penulisnya. Dasarnya

· Kitab pentateukh menyatakannya (Yos 8:31; 23:6; 2 Raja 14:6; 2 Taw 25:4; 3512; Ezra 6: 18; Neh. 8:1; 13:1)

· Pendidikan Musa di Istana Firaun membuat dia dapat berhubungan dengan kesusastraan dunia kuno ( Kis. 7:22)

· Kitab Kejadian adalah sebuah karya sastra yang agung dan juga sebuah uraian yang luar biasa tentang Allah dan asal mula segala sesuatu.

III. Tema-Tema Kunci

1. Pemilihan (providensia ALLAH): Adam, Nuh, Abraham, Ishak, Yakubdan Yusuf, semuanyadipanggildandipilih Allah untukditempatkandalamsejarahumat Allah.

2. Keamanandankeselamatan: manusiadiciptakan Allah danditempatkan di tempat yang amandannyaman (2:8-17); danketikamanusiaberdosa, adapenghukumanIlahi (3:14-19), tetapi Allah juga menyediakankeselamatanbagimereka (3:15; 4:4; 22:8). Hal inimenunjukpadakaryaKristus di kemudianhari.

3. Kerja: sejakpenciptaan, manusiasudahmemilikitugasuntukdikerjakansesuaiperintah Allah (2:15,19,20), manusiadiciptakanuntukberkaryasesuaitugas yang diberikan Allah, jadibukanhanyamenikmaticiptaan Allah saja. Namunsejakmanusiaberdosa, pekerjaanitumenjadisangatberatdantidakmenyenangkanmanusia (3:17-19), tetapiharusdilakukandalamhidupnya.

4. Istirahat: setelahbekerja, Allah menyediakanhariuntukistirahatsebagaipenyeimbangkehidupan di bumi (2:2,3) danmenjadiperintahutamadari Allah (bdk. Kel. 20:9-10).

5. Setan/Iblis: sebagaipenyebabkejatuhanmanusiadalamdosadanberusahadengancara-cara yang menipumanusia agar jatuhkedalamdosa (3:1-7), tetapiakhirnyatetapakanmendapathukumandari Allah (3:14-15)

6. Maut: akibatdarikejatuhan (2:17; 3:3), dikalahkan (5:24) danharusdihadapi (23:1-2; 25:7-10; 49:1-50:3).

7. Moralitas: kehidupan moral semakinmerosotsejakkejatuhanmanusia. Meskipundemikian, manusiabisamelakukanperbuatan moral yang baikataujahat (4:8; 5:24; 6:5,9; 11:3; 39:6b-10).

8. Perkawinan: perkawinansebagaisarana yang diberkati Allah untukmanusiaberkembangbiak, mendapatkanteman yang sepadan, salingmenolong ,berbagi, bekerja- sama, mampubersosialisasi, dll. (2:18-25)

9. Ibadah: bagaimanaseharusnyamenyembah Allah yang benar (4:1-7; 28:10-22)

Catatan: sejakkejatuhan, manusiamemilikikecendrunganuntukmerusakkeindahanTuhan, walaupun Allah telahmengampunidosa, namundosamanusiaterusberkembang. Meskipundemikian, perkembangandosamanusiatidakmembuatanugerah Allah gagaluntukmelepaskanmanusiadarikonsekuensidosa.

IV. Tujuan dari kitab Kejadian adalah

· Menceritsakan bagaimana an engapa Yahweh berkenan untuk memilih keluarga Abraham dan mengadakan serta mengikat perjanjian dengan mereka

· Menetapkan bahwa Yahweh yang berdaulat sedang melaksanakan suatu rencana sejarah

V. Ciri khas dari kitab kejadian

· Merupakan kitab pertama ag ditulis dari itab-kitab lain

· Menyatakan bahwa alam semesta dan hidup dibumi ini adalah jelas karya Allah dan bukan suatu proses alam

· Mengisahan berbagai peristiwa perdana antara lain: Pernikahan pertama, Keluarga pertama, Kelahiran, Dosa, Pembunuhan, Tokoh poligami, Alat-alat musik, Dan janji penebusan

· Menerangkan bagaimana keluargaAbaham pada akhirnya tinggal di Mesir selama 430 tahun

VI. Peristiwa penciptaan langit dan bumi, serta segala isinya

Peristiwa ini sungguh-sungguh terjadi dan dikerjakan Allah, karena tidak ada seorang pun yang dapat membuat gunung, lautan, matahari, bulan dan bintang, serta manusia yang dapat berpikir, berbicara. Kisah penciptaan dan inti pesannya. Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan masih kosong.

· Hari pertama: Allah menciptakan Terang

· Hai kedua: Allah menciptakan cakrawala, memisahkan air yang ada dibawah bumi dan air diatas cakrawala

· Hari ketiga: Allah mencipakan darat, laut, tumbuh-tumbuhan

· Hari keempat: Allah menciptakan benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam

· Hari kelima: Allah menciptakan makhluk yan erkeriapan didalam air dan urung-burung yang beterbangan diatas bumi

· Hari keenam: Allah menciptakan Manusia

VII. Peristiwa jatuhnya manusia ke dalam dosa

Setelah Tuhan menciptakan manusia, yaitu Adam dan Hawa, Tuhan menempatkan mereka di taman Eden untuk hidup di sana menurut kehendak Allah. Di taman Eden (Firdaus) ini Adam dan Hawa diperkenankan oleh Allah untuk hidup dengan berkat dan kasih-Nya, tetapi setan menggoda mereka sehingga mereka melanggar perintah Allah dan jatuh ke dalam dosa. Sebagai akibatnya, melalui kejatuhan Adam dan Hawa semua manusia menjadi orang berdosa.

Pasal 6-10 (Kej 6:1-10:32).

VIII. Peristiwa hukuman Allah kepada manusia melalui air bah

Melalui Adam dan Hawa yang sudah berdosa itu, keturunannya mulai dari Kain dan Habil sampai pada Set dan seterusnya, menjadi semakin jahat, sehingga akhirnya Tuhan Allah Yang Mahakuasa itu menghukum manusia karena Allah sangat membenci kejahatan. Allah menghukum dan menurunkan hujan selama 40 hari 40 malam yang disebut Air Bah. Dalam hukuman Allah yang sangat dahsyat itu hanya satu keluarga yang diselamatkan oleh Allah yaitu keluarga Nuh dan istrinya serta anak-anak bersama istri mereka. Setelah ini Allah memberi pelangi sebagai tanda janji-Nya bahwa Ia tidak akan menghukum manusia dengan Air Bah lagi.

Pasal 11 (Kej 11:1-32).

IX. Peristiwa terjadinya bermacam-macam bahasa di dunia

Setelah Air Bah manusia mulai berkembang biak dengan pengetahuan dan kemampuan yang tinggi. Dengan demikian manusia berusaha untuk mempertahankan kehidupan bersama dalam satu bangsa dan satu bahasa di daerah tertentu saja, sehingga mereka berusaha untuk membangun suatu menara yang tingginya sampai ke langit. Tetapi maksud ini bertentangan dengan kehendak Allah terhadap manusia, yaitu untuk memenuhi bumi ini. Oleh karena itu Allah menyatakan kemahakuasaan-Nya dengan mengacaukan bahasa mereka sehingga pembangunan menara itu tidak dapat diselesaikan. Karena kekacauan bahasa itu, maka kota dimana pembangunan menara itu dilaksanakan disebut Babel.

Bapa-bapa leluhur bangsa Israel kelebihan dan kekurangan dari bapa-bapa Leluhur. ( Aabraham, Ihak, Yakub dan Yusuf)

· Sejarah kehidupan Abraham</p> Abraham adalah seorang yang kuat imannya. Ia menerima panggilan Allah yang ajaib. Kemudian ia meninggalkan tempat kediamannya untuk mengikuti panggilan Allah. Ia dituntun Allah menetap di Kanaan, dimana Abraham dengan iman menantikan kelahiran putra Allah yang dijanjikan. Karena ketaatan Abraham, maka Allah mengadakan perjanjian berkat bagi Abraham dan keturunannya.

· Sejarah kehidupan Ishak </p>Ishak adalah anak perjanjian yang diberikan kepada Abraham. Ishak dilahirkan melalui kelahiran yang ajaib, yaitu pada waktu Sara sudah tua. Ishak adalah perantara yang menggenapi janji Allah. Melalui perjalanan hidup Ishak yang penuh suka dan duka itu, dapatlah dilihat lambang kehidupan orang yang dipakai Tuhan. Ishak diberkati oleh Tuhan.

· Sejarah kehidupan Yakub </p>Ishak mempunyai dua anak kembar yaitu Yakub dan Esau (pasal Kej 25:24). Dalam sejarah Bapak-bapak orang beriman Yakub terkenal karena membeli hak kesulungan kakaknya Esau dengan sepiring kacang merah (Kej 25:34). Yakub sebelum menjadi orang beriman mengalami banyak pengalaman hidup yang sulit, namun terlihat kemahakuasaan Allah dalam memelihara Yakub. Akhirnya Yakub menjadi orang yang sangat beriman dan dalam kehidupannya menjadi orang yang melayani

· Sejarah kehidupan Yusuf

Keturunan dari Yakub menurut kitab Kejadian ada 12 orang dan diantaranya ada seorang yang mempunyai kisah hidup yang selalu berkenan kepada Allah, namanya Yusuf. Dia sangat dibenci oleh saudara-saudaranya, sehingga ia dijual (pasal 37; Kej 37:1-36). Sampai suatu saat dia dimasukkan penjara, tetapi hidupnya tetap berkenan kepada Allah. Allah yang Mahakuasa itu setia membimbing setiap orang yang melakukan kehendak- Nya, sehingga akhirnya Yusuf menjadi penguasa di Mesir (Kej 41:40), karena ia dapat meramalkan mimpi raja Firaun (Kej 41:25-36). Sebagai orang yang penuh dengan roh Allah, Yusuf dalam kehidupannya selalu berkenan kepada Allah. Saudara-saudaranya yang pernah mengkhianati dia tetap dikasihinya dan pada akhirnya semua keluarga Yusuf itu tinggal bersama dengan dia di tanah Mesir (pasal 12 Kej 47:11- 12).

Ishak dan Ismael

Dikisahkan bahwaAbraham menjelang usianya yang mendekati 90 tahun belum juga dikaruniai keturunan. Istrinya, Sara dinyatakan mandul. Pada saat itu Sara memiliki seorang budak wanita dari Mesir yang kemudian diberikannya kepada Abraham untuk dijadikan istri. Budak itu bernama Hagar. Hal ini dimaksudkan agar Abraham memiliki keturunan.

Pada usianya yang ke-86 tahun, Abraham memiliki keturunan yang pertama yang diberi nama Ismael. Dan kepada Ismael, Tuhan memberikan keturunan yang sangat banyak. Keturunannya tidak dapat dihitung karena banyaknya. (Kejadian 16)

Kemudian pada usia yang ke-99 tahun, Abraham menerima perintah Tuhan untuk berkhitan. Begitu juga Ismael, dia berkhitan pada usia yang ke-13 tahun. (Kejadian 17)

Kelahiran Ishak terjadi saatAbraham menginjak usia ke-100 tahun. Keajaiban datang setelah (menurut Al Kitab) Tuhan datang kepada Abraham menyerupai bentuk manusia. Saat itulah Sara dapat memberikan keturunan kepada Abraham, meskipun sangat tidak masuk akal baginya.

Jadi jarak usia antara Ismael dan Ishak kira-kira 13-14 tahun.

Abraham memiliki 2 orang anak dari dua istri, Ismael dari istri bernama Hagar dan Ishak dari istri bernama Sara. Hagar memiliki anak tunggal bernama Ismael dan Sara memiliki anak tunggal bernama Ishak.

Esau dan Yakub

· Ishak tumbuh menjadi pria dewasa. Dia menikahi Ribka. Mereka ingin memiliki anak. Mereka memohon kepada Allah agar mengizinkan mereka untuk memiliki bayi.

Kejadian 25:20–21

· Allah menjawab doa mereka. Ribka melahirkan bayi kembar lelaki. Nama bayi lelaki mereka Esau dan Yakub. Esau lahir terlebih dahulu. Kejadian 25:22–26

· Di masa itu, ayah memberikan berkat kepada putra sulung. Itu disebut berkat hak kesulungan. Esau akan mendapatkan berkat ini saat dia dewasa.Kejadian 25:25, 31

· Esau senang berburu. Yakub tinggal di rumah.Kejadian 25:27

· Suatu hari Esau pulang ke rumah sangat lapar. Yakub telah membuat sup. (Pottage seperti sup.) Kejadian 25:29

· Esau meminta sup kepada Yakub. Yakub mengatakan Esau akan mendapatkannya. Namun Esau harus memberinya sesuatu. Dia harus memberikan berkat hak kesulungannya.Kejadian 25:30–31

· Esau sangat lapar. Dia tidak peduli dengan berkat itu. Dia berkata Yakub boleh memperolehnya. Yakub memberinya sup itu.Kejadian 25:32–34

· Ishak semakin tua. Dia memberi Yakub sebuah berkat. Itu berkat hak kesulungan. Ishak mengatakan Yakub akan menjadi orang hebat. Dia akan menjadi pemimpin Esau dan banyak orang lainnya.Kejadian 27:1–29

· Esau sedih karena dia tidak memiliki berkat hak kesulungan. Esau marah terhadap Yakub. Dia membenci Yakub.Kejadian 27:34, 41

Yakub dan keluarganya

  • Ishak berbicara kepada Yakub. Dia berkata kepada Yakub agar jangan menikahi perempuan dari Kanaan. Yakub harus pergi ke negeri lain. Di sana Yakub akan menemukan seorang perempuan untuk dinikahi.Kejadian 28:1–2

  • Yakub memulai perjalanannya.Kejadian 28:5

  • Suatu malam Yesus Kristus datang kepadanya. Dia mengatakan Yakub akan memiliki banyak anak. Keluarga Yakub akan memiliki seluruh tanah Kanaan. Kanaan adalah tanah perjanjian. Kejadian 28:12–15

  • Yakub berjanji untuk mematuhi Allah. Dia berjanji untuk membayar persepuluhan.Kejadian 28:20–22

  • Suatu hari Yakub berhenti di dekat sebuah sumur. Dia melihat kawanan domba. Dia bertemu seorang perempuan bernama Rahel. Dia membantunya memberi minum domba-dombanya.Kejadian 29:1–2, 10

  • Yakub menemui ayah Rahel. Namanya Laban. Dia gembira bertemu Yakub. Yakub mengatakan dia ingin menikahi Rahel. Laban mengatakan dia boleh menikahi Rahel. Tetapi Yakub harus bekerja untuknya. Kejadian 29:13–14, 18–20

  • Yakub bekerja untuk Laban selama tujuh tahun. Dia bekerja sangat keras, namun Laban memberinya Lea sebagai istrinya. Lea adalah saudara perempuan Rahel. Kejadian 29:20–25

  • Laban mengizinkan Yakub untuk menikahi Rahel juga. Tetapi Yakub harus bekerja selama tujuh tahun lagi. Kejadian 29:26–28

  • Yakub memiliki banyak anak. Dia menjadi kaya. Dia memiliki banyak ternak. Kejadian 30:1–24, 43

  • Yakub bekerja untuk Laban selama bertahun-tahun. Kemudian Yesus memerintahkan Yakub untuk kembali ke negerinya. Maka dia membawa keluarganya dan ternaknya dan meninggalkan rumah Laban. Mereka pergi ke tanah perjanjian.Kejadian 31:3, 17–18, 41

  • Dalam perjalanan Yesus Kristus datang kepada Yakub. Yakub memohon sebuah berkat. Yesus memberkati Yakub. Yesus menyatakan Yakub akan memiliki nama baru. Namanya adalah Israel. Israel akan memiliki imamat.

Kejadian 32:24–30

  • Dalam perjalanannya pulang Yakub bertemu Esau. Yakub mengira Esau masih membencinya. Yakub berlutut di depan Esau. Kejadian 33:1–3

  • Tetapi Esau tidak membenci Yakub lagi. Dia dan Yakub saling berpelukan. Mereka saling mengasihi. Kejadian 33:4–15

  • Yakub dan keluarganya pergi ke Kanaan. Esau dan keluarganya pergi ke tempat lain.Kejadian 33:16–20

  • Yakub memiliki 12 putra. Mereka disebut 12 putra Israel. Setiap putra dan keluarganya disebut sebuah suku. Keluarga Israel menjadi dua belas suku Israel. Mereka disebut orang-orang Israel. Kejadian 35:22; 49:1–28; Keluaran 9:7.

Kisah Yusuf ( Yusuf, Putra Yakub)

· Dalam Perjanjian Lama, putra sulung Yakub dan Rahel (Kej. 30:22–24; 37:3).

· Yusuf mendapatkan hak kesulungan di Israel karena Ruben, putra sulung dari istri pertama Yakub, kehilangan hak istimewa tersebut karena pelanggaran (1 Taw. 5:1–2). Karena dia layak, Yusuf, sebagai putra sulung dari istri kedua Yakub, adalah berikutnya dalam garis keturunan bagi berkat tersebut. Yusuf juga menerima berkat dari ayahnya tak lama sebelum Yakub mati (Kej. 49:22–26).

· Yusuf adalah pria dengan karakter yang luhur, individu “berakal budi dan bijaksana” (Kej. 41:39). Penolakannya terhadap istri Potifar adalah teladan iman, kesucian, dan integritas pribadi (Kej. 39:7–12). Di Mesir, ketika Yusuf mengungkapkan identitas sejatinya kepada saudara-saudaranya, dia berterima kasih alih-alih menyalahkan mereka atas cara mereka telah memperlakukannya. Dia percaya tindakan mereka telah menolong untuk mencapai kehendak ilahi Allah (Kej. 45:4–15).

Wahyu zaman akhir mengungkapkan misi yang lebih besar dari keluarga Yusuf pada zaman terakhir 2 Ne. 3:3–24; 3 Ne. 20:25–27).

1,230 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments

Couldn’t Load Comments
It looks like there was a technical problem. Try reconnecting or refreshing the page.
bottom of page