top of page

Pengertian Amanat Agung Dan Amanat Agung Menurut Matius 28:19-20

MATERI PERTEMUAN I

Pengertian Amanat Agung Dan Amanat Agung Menurut Matius 28:19-20

1. PENGERTIAN AMANAT AGUNG

Istilah “Amanat Agung” menjadi salah satu istilah yang paling dikenal oleh orang Kristen, sekalipun Alkitab tidak pernah mencatat frasa ini secara harafiah. Defenisi kata “Amanat Agung” sendiri dapat dipahami sebagai sebuah perintah atau tugas, yang sifatnya akbar, besar, sangat mulia atau singkatnya; agung. Pemahaman “Amanat Agung” biasanya mengacu pada Matius 28:18–20. Allah mempunyai otoritas dalam misi sampai akhir zaman (Matius 28:18-20).Disana dicatat perintah Yesus kepada semua orang yang berhasil dimuridkan-Nya pada waktu Ia akan naik ke surga, yaitu supaya mereka semua pergi dan menjadikan semua bangsa murid Yesus.Sebagaimana Kitab Injil yang lain, sesungguhnya Amanat Agung juga terdapat dalam kitab Markus (yaitu Mrk 16:15–18), kitab Lukas (yaitu Luk 24:46–49), Kitab Yohanes (yaitu Yoh 21:15–19) dan Kitab Kisah Para Rasul (yaitu Kis 1:8). Semua amanat dalam rangkaian nas tersebut meminta semua murid Kristus untuk pergi lagi menjadikan suku bangsa yang lain menjadi murid Kristus atau dengan kata lain penginjilan dan pemuridan.

Namun yang menjadi perhatian kita adalah pengistilahan “Amanat Agung.” Tentu banyak pertimbangan yang telah dipikirkan para bapa gereja untuk memutuskan penggunaan istilah ini. Saya sendiri secara pribadi sangat setuju dengan kata “Amanat Agung.” Tapi mari melihat bagaimana Alkitab sendiri menjelaskan bahwa tugas penginjilan dan pemuridan sungguh-sungguh merupakan amanat yang agung.Dalam Perjanjian Baru diuraikan tentang kepribadian Allah yang ingin berkomunikasi dengan manusia. Melalui Roh Kudus, Allah menggerakkan murid-murid untuk mengomunikasikan Injil. Amanat Agung berfokus kepada dua hal: pemberitaan Injil dan pemuridan.

Misi sedunia adalah kehendak Allah, oleh karena itu setiap orang Kristen harus terlibat dan mengambil bagian dalam pekerjaan yang mulia ini. Roh Kudus yang akan memampukan gereja-Nya untuk menaati Amanat Agung.

2. AMANAT AGUNG MENURUT MATIUS

Menurut Matius, Amanat Agung dimulai pada saat Allah mengutus murid-murid untuk memberitakan Injil. Dialah Tuhan atas tuaian, Ia dapat membuka dan menutup pintu bagi pekerjaan misi. Oleh karena itu, murid-murid tidak perlu takut pada kesulitan yang akan dihadapi, sebab mereka mempunyai Allah yang Mahakuasa.

Tugas pengikut-pengikut Tuhan Yesus:

1. Menjadikan semua bangsa murid-Nya,

2. Membaptiskan mereka, dan

3. Mengajar mereka.

Tujuan Amanat Agung dan penginjilan adalah pemuridan supaya manusia menjadi serupa dengan Allah (2 Korintus 3:18) sehingga kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar (1 Yohanes 3:2).

1. Jelaskan apa yang di maksud dengan Amanat Agung

2. Menjelaskan Amanat Agung menurut Matius 20:19-20

3. Menyebutkan tugas-tugas pengikut Kristus

1,291 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page